SEJARAH SI LOKA

SALOKA hadir sebagai salah satu destinasi wisata Pesona Indonesia yang berbentuk taman rekreasi tematik keluarga di Jawa Tengah yang mengusung konsep kearifan lokal. Berlokasi di persimpangan antara kota Semarang, Salatiga, Surakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berdiri di atas lahan seluas 12 Hektare, memiliki 25 wahana yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada. Tidak hanya wahana permainan, di dalamnya juga terdapat pertunjukan Baru Klintihing. Selain itu, ada pilihan restoran, café, dan foodtruck yang menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai. 

SALOKA dibangun dengan peralatan modern oleh tenaga ahli berpengalaman dan berlisensi internasional. 

Fakta Menarik!

SALOKA telah terdaftar sebagai member International Association of Amusement Parks and Attractions (IAAPA). Pada 22 Juni 2019, SALOKA telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

SALOKA THEME PARK MENGUSUNG KONSEP KEARIFAN LOKAL BERDASARKAN LEGENDA RAKYAT BARU KLINTHING.

Nama SALOKA terinspirasi dari legenda Rawa Pening, suatu Kawasan yang dekat dengan wilayah SALOKA Theme Park berada. Diceritakan pada zaman dahulu hiduplah sepasang suami-istri bernama Ki Hajar Salokantara dan Nyi Endang Sawitri. Mereka mempunyai seorang anak bernama Baru Klinthing yang berwujud naga dan bisa berbicara seperti layaknya manusia. Baru Klinthing dikenal suka menolong. Berangkat dari cerita tersebut, SALOKA berharap mampu menyajikan keceriaan tiada habisnya dengan maskot berbentuk naga yang bernama “LOKA”.